Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 18 Oktober 2008

10 Caleg Artis Paling Populer Versi Survei LSI

Lembaga Survei Indonesia (LSI) melansir hasil survei popularitas calon anggota legislatif (caleg) untuk DPR RI untuk Pemilu 2009.
Hasilnya, bila ada 10 nama caleg dari politisi dan 10 caleg dari kalangan selebriti dipertemukan, maka kalangan artis, termasuk, akan mengalahkan para politisi tersebut.

"Survei dilakukan pada 8-20 September lalu dengan jumlah responden 1.249 di 33 provinsi. Responden berusia 17 tahun ke atas," papar peneliti LSI Dodi Ambardi saat menggelar jumpa pers di kantor LSI, Menteng, Jakarta Pusat.

Survei dilakukan dengan metode wawancara, dengan sample error tiga persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dari hasil survei dengan pertanyaan utama, bila pemilihan caleg hari ini, siapa yang akan Anda pilih, pelawak Eko Patrio meraih 5,6 persen suara, jauh mengungguli politisi PKB Muhaimin Iskandar (2,9 persen), politisi PDIP Pramono Anung (2,5 persen), politisi PKS Tifatul Sembiring (1,5 persen), serta dua politisi Golkar, Priyo Budi Santoso (0,2 persen) dan Ferry Mursyidan Baldan yang berada di urutan terbawah dengan perolehan 0,1 persen.


Menanggapi hasil survei tersebut, pengamat komunikasi politik, Effendy Ghazali PhD mengku agar terkejut. "Hasil survei ini sebagai lampu kuning bagi para politisi agar mereka memacu diri lagi," kata Effendy.


HASIL SURVEI

Nama Ketua DPR RI Agung Laksono memang masih duduk di urutan pertama dari 20 nama dengan 18,5 persen.
Namun untuk posisi kedua, ketiga, keempat dan kelima semua diduduki kalangan selebriti. Eko Patrio berada di urutan kedua setelah Agung (lihat, Artis Lebih Unggul).
Disusul Marissa Haque di urutan ketiga (5,2 persen), Adjie Massaid pada urutan keempat (4,5 persen), dan Ikang Fawzi pada urutan kelima (3,4 persen).

Sedangkan nama caleg lainnya yang dimasukkan dalam lembaran survei adalah Angelina Sondakh (2,4 persen), Dedi Gumelar alias Miing (2,3 persen), Nurul Arifin (2,2 persen), Anas Urbaningrum (1,9 persen), Lukman Saifuddin (1 persen), MS Kaban (1 persen), Zulkifli Hasan (0,6 persen), Wanda Hamidah (0,5 persen), Wulan Guritno (0,3 persen), dan pada urutan terbawah Venna Melinda (0,1 persen), yang sama perolehannya dengan Ferry.

Adjie dan Angelina juga masih tercatat sebagai legislator pada periode sekarang. Keduanya mewakili Partai Demokrat.
Sedangkan Marissa sebelumnya pernah duduk di DPR mewakili PDIP namun di-recall saat mengikuti Pilkada Banten. Saat ini, Marissa kembali maju sebagai caleg mewakili PPP di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat.

Sementara Nurul Arifin aktif di Golkar dan namanya kembali diusung sebagai caleg untuk pemilu mendatang. Demikian pula dengan Wanda Hamidah yang sudah lama aktif di PAN.
Wajar

Menurut Effendy, banyaknya artis yang terjun ke politik adalah suatu hal yang wajar. Demikian pula bila nama mereka leboh populer karena mereka sebelum jadi caleg sudah dikenal melalui media.
Namun dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia ini mengingatkan agar artis jangan terlalu memaksakan diri terjun ke politik tanpa ada bekal kompetensi.

"Kalau talentanya penyanyi, main film, atau sinetron, jangan dipaksakan karena bukti sudah banyak artis yang menjadi anggota dewan tidak bisa berbuat apa-apa," tegasnya tanpa menyebut siapa artis yang dia maksud.***


from: www.matabumi.com


Tidak ada komentar: