Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, 05 November 2008

Obama Unggul di 6 'Swing State'

Capres Partai Demokrat Barack Obama sejauh ini memimpin dalam perolehan suara di enam negara bagian mengambang (swing states).

Dengan hasil jajak pendapat itu, Obama agak sedikit santai, sementara McCain harus berjuang dengan makin giat dan agresif.

McCain harus mewaspadai keunggulan Obama di sekitar selusin negara bagian yang pernah dimenangkan Presiden Bush pada Pemilu 2004.


Hasil jajak pendapat terbaru menunjukkan Obama memimpin 1 poin di Missouri dan 2 poin di Florida, dengan marjin kesalahan 4,1%. Senator asal Illinois ini juga unggul di Ohio, Virginia, dan Nevada yang semuanya pernah dimenangkan Bush.

Di lima negara bagian yang dimenangi Obama akumulasi 76 suara (electoral votes). Jika ditambahkan dengan negara bagian yang dimenangkan John Kerry pada 2004, maka Obama akan mengumpulkan 328 suara. Lebih dari cukup untuk memenangkan tiket ke Gedung Putih, yang membutuhkan 270 suara.

Obama juga memimpin 11% poin di Pennsylvania, padahal McCain telah menargetkan untuk menang di tempat ini sejak dimenangkan Kerry pada 2004. Namun McCain berhasil memimpin 5 poin di Indiana dan 1 poin di North Carolina, keduanya dimenangkan Bush pada Pemilu AS sebelumnya.

“Kepemimpinan Obama sangat stabil, ia bisa mengharapkan kemenangan besar pemilu besok,” ujar pencatat jajak pendapat John Zogby.

Di Ohio, negara bagian yang menentukan kemenangan tipis Bush, Obama membuka dengan keunggulan 6 poin. Demikian pula di Virginia dengan 6 poin dan Nevada dengan selisih 8 poin.

Dalam jajak pendapat nasional, Obama memimpin 15 poin di kalangan independen dan 13 poin untuk kalangan perempuan. Di kalangan pria, Obama unggul 1 poin atas lawanya. Demikian pula dengan kelompok segala umur, kecuali usia 55-69 yang dimenangi McCain 1 poin.

McCain unggul untuk ras kulit putih, dengan memimpin 13 poin. Tapi ia hanya berhasil menarik 25% ras Hispanik. Pada 2004, Bush mendapatkan suara Hispanik sebanyak lebih dari 40%.[tra]


http://www.inilah.com/berita/politik/2008/11/04/59581/obama-unggul-di-6-swing-state/

Tidak ada komentar: