Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, 15 Januari 2009

Chavez Jadi Pahlawan Rakyat Palestina


Bethlehem, Tepi Barat, (ANTARA News) - Bendera-bendera Venezuela dan gambar-gambar Presiden Venezuela Hugo Chavez diusung tinggi-tinggi selama unjuk rasa di Tepi Barat pada Rabu untuk memprotes serangan membabi buta Israel di Jalur Gaza.

Keputusan Presiden Venezuela Hugo Chavez untuk mengusir duta besar Israel dari Caracas -- hal yang juga dilakukan Mauritania -- telah menjadikan pemimpin sayap kiri Amerika Latin itu pahlawan bagi rakyat Palestina.

Chavez pada Sabtu menyebut Israel sebagai "tangan pembunuh" Amerika Serikat, dan mengatakan solusi krisis Gaza telah berada di tangan Barack Obama saat ia akan menjadi presiden pada akhir bulan ini.

Mohammed al-Lahham, seorang anggota parlemen pro-faksi Fatah pimpinan Presiden Mahmoud Abbas mengatakan "Chavez telah menjadi simbol perjuangan bagi kemerdekaan, seperti Che Guevara. Ini membedakan dia dengan para presiden lainnya di dunia".

"Penentangannya kepada Washington, sekutu paling dekat Israel, atas invasinya ke Irak, dan serangan Israel ke Lebanon pada 2006 telah menjadikan Chavez sebagai simbol bagi semua orang yang menolak dan menentang pendudukan," kata dia.

"Saya berkeinginan dapat memberikan sebuah paspor Palestina kepada Chavez agar ia menjadi warga Palsetina. Dan kemudian kami akan memilih dia dan menjadikannya sebagai presiden kami," kata Wali Kota Al-Masar, Ahmud Zwahreh.

Al-Masar adalah sebuah kota kecil dekat Bethlehem berpenduduk sekitar 8.000 jiwa.(*)



courtesy: http://www.antara.co.id/arc/2009/1/15/chavez-jadi-pahlawan-rakyat-palestina/

Tidak ada komentar: