Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, 14 Januari 2009

Gus Dur Anggap Din Syamsuddin Bodoh

Jakarta, NU Online
Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatu Ulama (PBNU) KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menganggap Ketua Pengurus Pusat (PP) Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin, bodoh tentang konflik di Jalur Gaza. Gus Dur menganggap Din asal bicara tentang Palestina, padahal ia tidak tahu-menahu tentang tanah tersebut.

"Din Syamsudin itu tidak tahu apa-apa tentang Palestina. Apa yang sebenarnya terjadi di sana kenapa Palestina yang mana? Lebih bodoh lagi, dia melontarkan gagasan agar PBB memberi ultimatum pada Israel. Dipikirnya PBB itu siapa?" kata Gus Dur di Jakarta, Sabtu (10/1).

Menurut Gus Dur, permasalahan yang terjadi di jalur Gaza tidak sesederhana yang dipikirkan oleh Din. karena ia sama sekali tidak mengerti permasalahan antara Israel dan Palestina.

Sementara itu, Gus Dur meyakini serangan Israel ke Palestina tidak akan surut. Selama rudal dan mortir dari Gaza juga tidak berhenti diluncurkan ke pemukiman Israel. Dalam hal ini, menurut Gus Dur, Israel ingin membuktikan ancamannya dari dahulu.

"Saya tahu dari dulu, jika peluncuran roket-roket dan mortir dari selatan Gaza ke pemukiman Israel jalan terus, ya selama itu pula serangan berlanjut. Karenanya semua pihak harus mengerti kondisi yang sebenarnya," kata Gus Dur.

Lebih lanjut, Gus Dur menjelaskan, penyelesaian damai hanya bisa diselesaikan dengan perundingan agar mencapai kesepakatan. Jika tidak berunding, Gus Dur yakin keduanya akan tetap saling menyerang.

"Apakah dunia dapat mewujudkan perdamaian di sana, sementara keduanya, baik Israel maupun Palestina hanya menginginkan peperangan? Palestina dan Israel itu sama-sama juga, nggak mau nurut pada PBB," tandas Gus Dur. (min)

sumber: http://www.nu.or.id/page.php?lang=id&menu=news_view&news_id=15806

Tidak ada komentar: