Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Selasa, 16 September 2008

Pakaian Renang Wanita Dari Masa Ke Masa

Pada awalnya tidak ada yang namanya baju renang. Orang-orang jika berenang ke laut biasanya telanjang atau memakai pakaian apa saja yang melekat di tubuhnya. Hal ini berlangsung hingga abad ke 18 dimana pakaian renang mulai diperkenalkan dan digunakan untuk menutupi aurat yang sejalan dengan moralitas saat itu jika melakukan kegiatan berenang khususnya kepada kaum wanita.

Swimsuits 1855
Di sekitar 1855, pakaian renang yang terdiri atas pakaian olah raga wanita dan kaus kaki yang seluruhnya berwarna hitam, yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga tidak akan menjadi transparan ketika basah dan diberikan pemberat yang dijahit di dalam kelamin agar pakaian renang tidak mengapung.

http://img241.imageshack.us/img241/6392/swimsuit1hi3.jpg


Swimsuits Circa 1915
Foto di bawah melukiskan sekelompok orang, dengan pakaian renang, merujuk pada suatu pantai dan diambil sekitar tahun 1915. Anda dapat lihat bagaimana pakaian renang wanita-wanita di tahun itu telah berubah dari yang sebelumnya, lengan sudah mulai ditunjukkan dan tidak lagi melulu berwarna hitam.

http://img370.imageshack.us/img370/4791/swimsuitpa5.jpg


Swimsuits 1920
Di tahun 1907 Annette Kellerman perenang dari Australia mengunjungi Amerika Serikat sebagai "Penari balet wanita dalam air", suatu versi dari berenang yang menyertakan menyelam di dalam tangki/tank gelas/kaca. Dia ditangkap atas tuduhan pengunjukan yang tidak layak/cabul sebab pakaian renangnya menunjukkan lengan, kaki dan leher. Sehingga mau tidak mau memaksa Kellerman menyesuaikan pakaian renangnya. Setelah peristiwa ini, baru sekitar tahun 1920 pakaian renang mengalami perubahan dari lengan dan kemudian kaki yang naik sampai ke bagian pertengahan paha. Krah baju menyusut dari sekitar leher hingga ke sekitar puncak dada. Pengembangan dari pabrik yang dipertimbangkan untuk variasi yang baru dan untuk menjadikan pakaian renang lebih nyaman dan praktis.

http://img388.imageshack.us/img388/4757/bathingsuit1920ssu1.jpg


Bikini Swimsuit 1946
Jacques Heim and Louis yaitu Bikini ditemukan di 1946 dan dinamai sesuai dengan Bikini Atoll di Marshall Islands, lokasi pengujian bom atom. Perancang bikini adalah dua Pria Perancis, yaitu Louis Reard dan Jacques Heim. Tentu saja, Reard dan Heim tidak menciptakan gagasan untuk bikini, karena pakaian yang seperti bikini telah ditemukan pada lukisan dinding yang dibuat sekitar tahun 1600 B.C.

http://img167.imageshack.us/img167/121/bikiniatomjm9.jpg

Slimsuit Swimsuit Patent 1990
Carol Wior dimana Sebelumnya kebanyakan pakaian renang tidaklah dipatenkan sehingga tidak tercatat dalam hukum hak cipta. Bagaimanapun, ada hak paten yang telah dikeluarkan untuk pakaian renang yang inovatif. Carol Wior mempatenkan Slimsuit, suatu pakaian renang wanita yang nampak lebih alami.

http://img142.imageshack.us/img142/8505/usapatentmk8.jpg

Tidak ada komentar: